Jangan Lupa Sarapannya

Posted by on 0 komentar
Pagi dah berlanjut dengan cepat, waktu yang dilewati membuat perut ini semakin keroncongan apalagi tadi pagi hanya minum teh  jadi terasa benar rasa laparnya perut.  Nyesal juga kenapa tadi pagi bangun kesiangan jadinya gak bisa sarapan, padahal sarapan itu penting loh...!
Kita harus sadari sebenarnya sarapan merupakan jam makan penting. Ketika bangun tidur lambung sedang dalam keadaan kosong dan tubuh juga sangat butuh asupan energi. Oleh karena, terkadang bagi mereka memiliki masalah dengan penyakit maag sangat dianjurkan untuk sarapan karena dapat mengurangi kadar asam lambung agar si maag tidak kambuh. Bahkan tubuh membutuhkan menu sarapan yang menyediakan karbonhidrat dan protein sebagai bahan bakarnya agar semua aktivitas berjalan secara optimal dan kamu pun lebih semangat dan produktif dalam menjalani kesibukan sepanjang hari.

Hey!, bagi kamu yang ingin diet  jangan pernah beranggapan kalau tidak sarapan akan mengurangi cadangan lemak di tubuh. emank sih benar, tetapi gara-gara tidak sarapan perut akan terasa lebih lapar dan cenderung "membalas dendam" ketika makan siang. Penelitian juga menunjukan kalau mereka yang sarapan memiliki asupan kalori lebih rendah daripada mereka yang tidak sarapan. Kamu juga harus tahu loh.. kalau sarapan juga terbukti dapat mencegah kegemukan dan hiperkolestrol.

Hitungan umumnya gini : tubuh membutuhkan 15 - 20 % protein, 55- 65 % karbonhidrat, dan 20 - 25 % lemak. Makanan tinggi serat sangat di sarankan sebagai sumber karbonhidrat. Lalu menurut Purdue Wayne Campbell PhD karbonhidrat sangat baik dipadukan dengan protein di saat sarapan untuk memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Setelah tubuh berpuasa disaat kita tidur malam, kadar glukosa pun menurun. Glukosa merupakan sumber makanan utama bagi otak. Apabila kita melewatkan sarapan, hal ini menyebabkan tubuh kekurangan glukosa dan disaat kadar glukosa di bawah normal (hipoglikemia), pusing, gemetar,lelah dan sulit berkonstrasi.
Pentingnya sarapan ini menjadi salah satu pilar gizi seimbang yang dapat pula mempengaruhi suatu bangsa.

Jadi Jangan Lupakan Sarapan Ya!

*sumber : Kompas


Newest Post:
Posting Lebih Baru

Older Post:
Posting Lama